Kamis, 14 Januari 2010

Kali ini adalah Cara Servis Komputer Hang / Macet jilid II. Tulisan ini melanjutkan tulisan saya sebelumnya dimana kerusakan cirinya sama tapi penyebabnya berbeda. Mau tahu caranya ?

Baik langsung saja menuju ke pokok masalah.

Deskripsi kerusakan komputer :
Pada saat komputer dinyalakan pertama kali lancar, tapi beberapa menit kemudian sekitar 30 menitan komputer menjadi lambat dan kemudian komputer menjadi hang atau macet total, nggak bisa diapa-apain. Kemudian kalo komputer dimatikan dan didiamkan agak lama komputer bisa nyala lagi dan hang lagi. Kadang komputer nggak hanya hang tapi langsung mati total.

Langkah perbaikan :
1. Buka tutup casing komputer.

2. Ciri kerusakan diatas yaitu komputer hang setelah nyala beberapa menit mengindikasikan bahwa ada komponen komputer yang mengalami panas yang berlebihan.
Panas berlebih (overheat) ini penyebabnya adalah :
- Matinya / macetnya kipas / fan pendingin processor (Fan Heatsink Mati / Macet)
- Fan Pendingin Processor masih berputar tapi RPMnya sudah berkurang (Fan berputar lebih lambat)
- VGA rusak juga bisa menyebabkan Hang.
- Power Supply Drop juga bisa menyebabkan hang.

3. Berikutnya saya coba cek satu-satu penyebab kerusakan di atas tadi, ternyata semua kelihatan normal-normal aja. Akhirnya saya coba install ulang windowsnya, install belum selesai komputer sudah hang. Apanya ya ....?

4. Akhirnya saya curiga pada power supplynya, saya ganti power supplynya dan ternyata Komputer menjadi normal kembali.

Ternyata power supply drop, inilah penyebab hang karena komputer tidak mendapatkan supply power yang cukup untuk bekerja / beroperasi.

Power supply drop itu masih nyala dan fan masih muter tapi arus sudah berkurang sehingga dikatakan ngedrop. Kalo ngedropnya lebih parah biasanya komputer ketika dinyalakan, nyala tapi tidak tampil di monitor.

Demikian pengalaman saya tentang komputer hang, jadi jangan buru2x memformat dan menginsatll ulang windowsnya, karena nggak semua hang disebabkan oleh windows rusak.

Selamat mencoba

0 komentar:

MITRA KOMPUTER1

Chating Area


ShoutMix chat widget

Blog Archive

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

About this blog

About

Introduction

Labels

ADS 125x125

Halaman

Powered By Blogger

Labels

About Me

Foto Saya
yusuf.setiawan
"Apa yang bisa diperbuat musuh padaku !!!! taman dan kebun (surga)ku ada di dadaku, Kemanapun ku pergi, ia selalu bersamaku dan tiada pernah tinggalkan aku. Terpenjaraku adalah khalwat, pembunuhanku adalah mati syahid. Terusirku dari negeriku adalah berjihad...
Lihat profil lengkapku